Visi dan Misi

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

 

A. PENGANTAR

Fakultas MIPA mempersiapkan diri memberikan nuansa dan semangat baru agar lebih proaktif dalam mengakselerasikan peran kelembagaan dan akademiknya dalam kapasitasnya sebagai prime mover sekaligus sebagai Agent of Changedi masa sekarang dan akan datang. Kapasitas tersebut pada substansinya sebagai cerminan dari penjabaran visi UNG yang lebih menekankan pada peradaban dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, kompetitif dan berorientasi kawasan.

B. VISI

Fakultas MIPA yang Bermartabat dan Unggul pada Tahun 2018

C. MISI

1) Menyelenggarakan pendidikan tinggi MIPA dan Ilmu-ilmu Kebumian yang bermutu untuk semua agar dapat menghasilkan lulusan paripurna yang berdaya saing tinggi;

2) Menyelenggarakan penelitian dan publikasi ilmiah yang bermutu dan relevan untuk pengembangan IPTEK dan menghasilkan solusi untuk masyarakat dalam rangka peningkatan daya saing bangsa;

3) Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan relevan dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui penerapan dan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan prinsip-prinsip kemitraan, manfaat, prioritas, legalitas, dan keberlanjutan;

4) Menyelenggarakan layanan manajemen, tata kelola, dan organisasi fakultas yang prima, transparan, akuntabel, sehat, dan bercitra publik yang tinggi;

5) Melaksanakan penguatan kapasitas dan kompetensi kelembagaan, revenue generating system, SDM, sarana, prasarana, dan sumber daya lain;

6) Menyelenggarakan secara berkelanjutan penjaminan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

D. TUJUAN

1) Menghasilkan lulusan yang paripurna dan berdaya saing tinggi;

2) Terbangunnya budaya akademik dan ilmiah yang tinggi dan modern;

3) Terselenggaranya penelitian yang bermutu dan relevan untuk pengembangan IPTEK dan menghasilkan solusi bagi masyarakat dalam kerangka sistem riset dan inovasi perguruan tinggi;

4) Meningkatnya publikasi dan pengakuan atas karya ilmiah dan karya inovatif dosen dan mahasiswa

5) Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan relevan dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui penerapan dan penyebaran IPTEK dalam kerangka sistem diseminasi IPTEK dan layanan pengabdian pada masyarakat

6) Memperkuat kerja sama triple helix yang produktif berlandaskan kemitraan, manfaat, legalitas, prioritas, dan keberlanjutan

7) Terselenggaranya kepemimpinan, manajemen, tata kelola, dan organisasi fakultas berbasis IT yang sehat, memiliki produktivitas tinggi, bermutu , transparan, dan akuntabel;

8) Meningkatnya citra publik fakultas;

9) Meningkatnya kapasitas dan kompetensi kelembagaan dan revenue generating system

10) Meningkatnya keandalan SDM, sarana, prasarana, dan sumber daya lain

11) Terselenggaranya penjaminan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan

E. KEBIJAKAN STRATEGIS

1. Pengembangan fasilitas yang menunjang pencapaian kualitas pendidikan dan pengajaran.

2. Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa.

3. Peningkatan kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa.4. Pengembangan dan peningkatan kapasitas dan kapabilitas dosen serta tenaga penunjang akademik.

5. Pengembangan dan pembinaan kegiatan kemahasiswaan dan kreatifitas mahasiswa.

6. Peningkatkan peran fakultas dalam memfasilitasi pelaksanaan re-akreditasi program studi.

7. Peningkatan fasilitas dan pengelolaan manajemen jurusan, prodi laboratorium dan perpustakaan

8. Pengembangan dan peningkatan fasilitas penunjang administrasi dan akademik.

9. Pengembangan dan peningkatan fasilitas TIK untuk menunjang kegiatan akademik dan pengelolaan administrasi kelembagaan di tingkat fakultas, jurusan dan prodi.

10. Peningkatan apresiasi dan penghargaan bagi dosen, tenaga penunjang akademik dan mahasiswa yang berprestasi.

11. Peningkatkan kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat lokal, nasional dan internasional dengan lembaga, balai, institusi maupun dunia usaha.

12. Peningkatan mutu lulusan yang unggul, mandiri, berkarakter dan kompetitif ditingkat nasional dan internasional, melalui penyesuaian kurikulum dan pembelajarannya.

13. Peningkatan pencitraan publik terhadap fakultas melalui media massa dan publikasi ilmiah.

14. Peningkatan peran FMIPA dalam kegiatan Forum MIPA LPTK, MIPAnet, organisasi keilmuan, dan kegiatan asosiasi profesi.

15. Peningkatan sistem pengelolaan keuangan yang transparan (perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban)

F. KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan Fakultas MIPA diharapkan memiliki kompetensi berikut;Menguasai dasar-dasar keilmuan, keterampilan dan metodologi di bidang Matematika, Sains dan Teknologi.Profesional dalam keahlian pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Mampu menerapkan pengetahuan, keterampilan dan metodologi keilmuan bidang Matematika, Sains dan TeknologiBerjiwa mandiri, kompetitif, dinamis, enterpreneur, dan berwawasan luas.

G. JURUSAN / PROGRAM STUDI

 

  •  Jurusan Matematika

- Program Studi S1 Pendidikan Matematika (S.Pd)

  •  Jurusan Biologi

- Program Studi S1 Pendidikan Biologi (S.Pd)

- Program Studi S1 Pendidikan IPA(S.Pd)

  •  Jurusan Kimia

- Program Studi S1 Pendidikan Kimia (S.Pd)

  •  Jurusan Fisika

- Program Studi S1 Pendidikan Fisika (S.Pd)

  •  Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian

- Program Studi S1 Pendidikan Geografi (S.Pd)

- Program Studi S1 Teknik Geologi (ST)

 

PROGRAM STUDI S1 SARJANA SAINS (Murni)

 

  •  Program Studi Kimia (S.Si)
  •  Program Studi Fisika (S.Si)
  •  Program Studi Biologi (S.Si)
  •  Program Studi Matematika (S.Si)
  •  Program Studi Statistik (S.Si)

 

 

 

 

Penelitian
  • Pemanfaatan Biomassa Enceng Gondok dari Danau Limboto Sebagai Penghasil Biogas oleh Julhim S. Tangio \ detail
  • PEMERIKSAAN BAKTERI DAN HISTOPATOLOGI ORGAN PARU-PARU SAPI YANG MENGALAMI PERADANGAN (PNEUMONI) DI KOTA GORONTALO oleh Yuliana Retnowati \ detail
  • POTENSI TANAMAN GENJER (Lamncharis Flava) SEBAGAI AKUMULATOR LOGAM Pb DAN Cu oleh Ishak Isa \ detail
  • BIOKONVERSI LIMBAH TONGKOL JAGUNG MENJADI BIOETANOL SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF TERBARUKAN oleh Hendri Iyabu \ detail
  • Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berkarakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA/Fisika oleh Mursalin \ detail
  • Studi Sifat Optik, Permukaan dan Adsorbsi Serat Kapok (Ceiba Pentandra Gaertn lat.) Untuk Aplikasi Adsober Logam Berat Dari Air Limbah Pertambangan Emas Rakyat oleh Mohamad Jahja \ detail
  • Habitat, Niche, dan Jasa Lingkungan Penyusun Utama Vegetasi Kawasan Hutan Nantu-Boliyohuto oleh Marini S. Hamidun \ detail
  • Pemanfaatan Berbagai Jenis Bakteri Dalam Proses Bioleaching Limbah Logam Berat oleh Ishak Isa \ detail
  • Pemetaan Zona Kerentanan Longsoran di Daerah Aliran Sungai Alo Provinsi Gorontalo oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Di Kabupaten Gorontalo Melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing Menggunakan Tugas Bentuk Superitem oleh Evi Hulukati \ detail
Pengabdian
  • Pemantauan Pelaksanaan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup PLTD Telaga Periode Januari-Juni 2014 oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • PEMANFAATAN EKOSISTEM MANGROVE SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR IPA BIOLOGI DI SEKOLAH YANG BERADA DI DESA SEKITAR KAWASAN MANGROVE oleh Ramli Utina \ detail
  • Pemantauan Pelaksanaan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup PLTD Telaga Periode Januari - Juni 2013 oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Pemantauan Pelaksanaan UKL UPL PLTU Molotabu oleh PT. Tenaga Listrik Gorontalo oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • PENGELOLAAN EKOSISTEM PESISIR DAN PELESTARIAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL SUKU BAJO MELALUI PENGEMBANGAN KELOMPOK SADAR LINGKUNGAN (KSL) DAN PEMBUATAN LABORATORIUM ALAM oleh Ramli Utina \ detail
  • Pemantauan Pengelolaan Lingkungan PLTD Isimu Periode Januari-Juni Tahun 2012 oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Pengembangan Mutu Pendidikan Melalui Lesson Study dan Pendampingan Guru Mata Pelajaran Ujian Nasional SMA di Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo (PMPMP.DP2M.DIkti) oleh Ramli Utina \ detail
  • Lingkungan Hidup dan Pariwisata oleh Ramli Utina \ detail
  • LINGKUNGAN HIDUP; masalah dan solusinya. oleh Ramli Utina \ detail